SELAMAT DATANG DI BLOG PELAYANAN HAJI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PACITAN

Selasa, 21 Februari 2012

Mulai Tahun ini, Calhaj Wajib Suntik Vaksin Influensa


Jakarta(Pinmas)--Sekjen Kementerian Kesehatan Ratna Rosita mengatakan, jemaah haji tahun 2012 akan diwajibkan suntik vaksin influenza, selain vaksin meningitis. Hal itu diungkapkan Sekjen Kemenkes pada rapat evaluasi pelayanan kesehatan haji 2011, di Jakarta, pekan lalu.

Menurut Ratna Rosita, keharusan suntik vaksin influenza ini, berdasarkan data jemaah yang wafat tahun 2011, penyakit penyebab jemaah terbesar kedua adalah penyakit saluran pernafasan setelah penyakit stroke. "Ini pertimbangan kami mewajibkan calhaj vaksin influenza," jelasnya.
Layanan vaksin influenza bagi calhaj, kata Ratna Rosita, diberikan secara gratis sama seperti vaksin meningitis.
Ketika ditanya soal berapa besar tambahan anggaran kesehatan untuk jemaah haji, Sekjen Kementerian Kesehatan Ratna Rosita dengan tegas menyatakan, anggaran kesehatan untuk jemaah haji tahun ini tidak mengalami kenaikan, karena dengan anggaran yang ada sudah mampu untuk membiayai program vaksinnasi influensa secara gratis bagi calon haji.
Sementara itu, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, dalam sambutan tertulisnya berpesan kepada jajaran Kesehatan di seluruh daerah untuk meningkatkan pembinaan kesehatan bagi calon haji, karena calon haji yang tergolong risiko tinggi meningkat jumlahnya dibanding tahun lalu.(nur/ts)

sumber : www.kemenag.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar